Kamis, 26 Maret 2009

[resensi buku] 9 Langkah Menjadi Reallionaire Di Usia Muda

Moh. Yasin, Surabaya Post edisi 06 Juli 2008

Pandangan hidup manusia modern cenderung meletakkan hubungan sesama manusia lebih bersifat biologis, ekonomis dan mekanis sebagaimana yang diusung oleh Modernisme dan Liberalisme. Tolok ukur kesuksesan sering kali didentikkan dengan hal-hal yang melulu bersifat materi, dengan menghitung seberapa banyak tumpukan harta kekayaanya dan cenderung mereduksi sebegitu rupa makna sebuah kesuksesan.

Lantas, apa sebenarnya arti sebuah kesuksesan? benarkah para Miliarder yang setiap tahun namanya dipublikasikan oleh media dan lembaga-lembaga suvei pembuat rangking kekayaan benar-benar merasa bahwa dirinya adalah orang yang kaya raya dan terhormat?. Atau bahkan telah sampai pada puncak kebahagiaan dan kekayaan yang seutuhnya..?

Farrah Gray-- sang penyandang miliarder di usia 14 tahun, pemuda kulit hitam keturunan Amerika-Afrika, memiliki pandangan yang unik dan berbeda mengenai arti sebuah kesuksesan. Bagi Farrah, kesuksesan tidak selalu identik dengan kepemlikan atas harta yang melimpah, tumpukan rekening di bank, rumah yang mewah, mobil bermerek, memiliki villa di berbagai tempat hingga memiliki pesawat jet pribadi. Melainkan pencapaian seseorang pada pemahaman dan kesadaran bahwa dirinya telah menemukan kekayaan dan nilai-nilai yang dimilikinya secara alamiah, tanpa memasukkan unsur-unsur kakayaan material. Artinya seseorang telah menyadari dan menemukan bakat yang melekat pada dirinya dan dimanfaatkannya untuk menggapai apa yang diimpikan atau diinginkannya. Sehingga akan membawa diri seseorang ke tahap pencapaian dan kemakmuran berikutnya, oleh karenanya seseorang akan dibilang benar-benar sukses tatkala telah mencapai pada pucak reallionaire yaitu seseorang yang mengejar keinginannya dengan kesejatian, ketulusan dan kejujuran.(hlm. 12)

Farrah adalah sang reallionaire muda Amerika kulit hitam, di usia 19 tahunnya ia sudah harus sibuk membagi waktunya untuk New York City, Las Vegas dan Nevada, terlibat di berbagai perusahaan besar di AS sperti kartu prabayar Kidztel,Faar-Out Foods, NE2W Venture Capital Fund, Majalah Innercity, talkshow Teenscope, dan kerjasama bisnis lainnya.

Kesuksesan Farrah menjadi reallionaire muda tidaklah dengan proses mudah, Farrah adalah lelaki kelahiran Chicago dari keluarga miskin, lingkungan miskin, dan latar belakang lingkungan yang sama sekali tidak menunjukkan ada potensi kesuksesan yang bisa diambil dari dalamnya. Tapi keadaan buruk ini justru menjadikan sumber inspirasi melimpah bagi Farrah, yang justru menanamkan sifat pantang menyerah yaitu prinsip yang dipenuhi dengan kekuatan diri, keyakinan, fokus, dan hasrat kuat untuk keluar dari situasi sulit. Dan membuatnya menjadi orang yang memiliki impian yang mulia yaitu mnjadi kaya raya dan terhormat atau reallionaire.

Lewat buku ini, Farah ingin berbagi ilmu mengenai pengalaman, prinsip, dan langkah-langkah penting dalam perjalanan meraih kesuksesannya menjadi seorang reallionaire. Dengan gaya tutur curhat dan bahasa yang sangat sederhana, Farrah ingin berbagi tentang kesuluruhan pengalaman dan perjalanan hidupnya secara utuh melalui cerita-cerita tentang proses perjalanan menjalankan bisnisnya dari awal merintis, saat berjuang untuk bangkit dari keterpurukan bisnisnya hingga metode-metode khas bisnis ala farrah yang telah diterapkan dalam menjalankan bisnisnya.

Selain cerita dan metode, Farrah juga akan memberikan roda-roda ampuh yang bisa mempercepat perjalanan anda menuju sang reallionaire. Yaitu prinsip-prinsip yang disebutnya dengan 'keyakinan-keyakinan reallionaire' beserta real-real point, konsep-konsep penting dan pengingat yang bisa menjadi pijakan untuk memupuk semangat saat sedang dalam masa pasang surut, keraguan, kebimbangan. Serta latihan-latihan reallionaire beserta contoh-contoh yang dulu dilakukan oleh Farrah.

Langkah awal menuju kesuksesan diri menurut farrah adalah seseorang harus melakukan emapat hal untuk memperkuat "sisi dalamnya", sehingga bisa memberikan dan menjaga semangatnya, tahu siapa dirinya dan tujuan hidupnya, dimana proses ini dikenal dengan proses mengenal diri pibadi. Pertama, memahami kekuatan sebuah nama, kedua, mengubah penolakan menjadi kesempatan, ketiga, membangun hubungan sesama manusia dengan baik demi mempelajari pengalaman dan pengetahuan orang lain, keempat, bagaimana meraih setiap kesempatan.

Ada empat sasaran yang harus ditentukan dalam memetakan jalan menuju kesuksesan, agar benar-benar menjadi seorang reallionaire sejati yaitu. (1) mennetukan sasaran rohani, meluangkan waktu 5 menit tiap hari untuk bedoa misalnya, (2) sasaran emosional, (3) sasaran fisik (4) sasaran mental. (Hlm 113). 

Tahap kelima adalah setelah menetapkan tujuan, janganlah menentang sistem dan melawan arus kehidupan meskipun terkadang jauh dari kenyamanan, mulailah mencintai kehidupan dan ikutilah arus akan tetapi tetap pada tujuan yang dibuatnya. Tahap keenam, menyiapkan diri secara emosional untuk menerima kegagalan, bagaimana menyikapi atas rasa kecewa dari kegagalan dengan positive thinking bisa menjadikan sebuah kekecewaan menjadi sebuah kesempatan yang mengubah hidup dan melangkah lebih maju. Tahap ketujuh, harus senantiasa focus pada apa yang dikuasai, sebab banyak kesempatan yang kadangkala datang secara bersamaan. Tahap kedelapan, cintai, hormati, peduli, dan sayangilah pelanggan dengan setulus-tulusnya, apapun sikap,perilaku dan tindakan pelanggan harus dibalas dengan senyum dan rasa trima kasih yang tulus. Dan tahap kesembilan, jangan pernah mengabaikan network atau jaringan, sebab yang datang pasti akan pergi oleh karenanya manfaatkan setiap pertemuan dengan seseorang, dan jangan pernah mengabaikan dan meremehkan, siap pun orang yang anda temui.
 
Termasuk langkah menjadi reallionaire yang paling utama menurut Farrah adalah seseorang harus memiliki keyakinan pada dirinya dan Tuhannya, manusia harus mengakui bahwa dirinya lemah di hadapan tuhannya yang bisa dilakukan hanyalah berjuang tanpa pamrih untuk memenuhi panggilan di dunianya. Jika panggilan itu adalah menulis maka menulislah, jika paggilan itu memasak maka memasaklah, yang pasti jangan melakukan segalanya hanya demi uang uang akan datang jika seseorang melakukan segalanya dengan maksud, alasan, dan tujuan yang tepat, mulia, dan terhormat. Dan yakinlah apa yang dilakukan akan membuat dunia menjadi lebih baik.

Sebab puncak dari Kesuksesan seorang reallionaire adalah telah bisa memahami dirinya dan bahagia dengan dirinya, dan bisa berbagi kebahagiaan dengan keluarga, lingkungan, masyarakat dan dunia. Sebab bagian terbesar dari persamaan reallionaire adalah kedermawanan, yaitu sejauh mana kontribusi kita terhadap keluarga, lingkungan, masyarakat dan dunia.

Ditengah-tengah era globalisasi, kehadiran buku ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda bangsa Indonesia, terutama dalam berkarir di dunia bisnis dan menanmkan jiwa kedermawanan dan rasa tanggung jawab sosial dalam dirinya.

*)Moh Yasin
, Pustakawan kelahiran Bojonegoro, mahasiswa Master Program of ICAS-Paramadina Jakarta, A Branch of ICAS-London. Pimpinan redaksi The Indonesian Famous Institute Jakarta.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: