Selasa, 02 November 2010

Metode Dakwah Yusuf Al-Qaradhawi

by: Syaikh Akram Kassab
Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi -hafizhahullah- adalah ulama abad ini yang dalam dirinya menyatu berbagai keistimewaan dalam berbagai disiplin ilmu; sebagai ulama fikih dan ahli hadits, seorang dai dan murabbi, intelektual dan akademisi, ulama dan penyebar ilmu, penyair dan sastrawan, kritikus dan ahli dalam berargumentasi, guru dan aktivis pergerakan, ahli sejarah dan politik, dan berbagai keistimewaan lainnya yang terekam dalam jejak hidupnya selama mengabdi di jalan dakwah.
Sebagai seorang dai, Syaikh Al-Qaradhawi dikenal memiliki seni berdakwah yang khas, bahasa yang lugas, dan argumentasi yang bernas. Ia mampu memahami realitas kekinian, serta memiliki visi ke depan dalam membangun peradaban Islam yang bisa membawa pada kemaslahatan umat manusia. Kesejukan dakwahnya terasa ke berbagai penjuru dunia, dari Asia sampai Eropa, dari Afrika sampai Amerika.
Sebagai seorang aktivis pergerakan dan murabbi, Syaikh Al-Qaradhawi dikenal ahli dalam bersiasat, mengerti kapan harus berdiplomasi dan kapan harus berkonfrontasi. Kapan harus bersikap tegas dan kapan harus melunak. Semuanya didasarkan pada pertimbangan keilmuannya yang luas, pemahamannya yang mendetil, dan keimanannya yang kokoh. Meski begitu, ia juga manusia yang tak lepas dari dosa, tah kebal dari kritik dan teguran.
Realitas kekinian dengan beragamnya kelompok-kelompok Islam, Syaikh Al- Qaradhawi menyikapinya dengan landasan ukhuwah, berpegang pada kaidah yang diserukan sang gutu, Hassan Al-Banna, "Bekerja sama dalam hal yang kita sepakati dan saling memberikan toleransi atas apa yang kita berbeda pendapat tentangnya."
Buku Metode Dakwah Syaikh Al-Qaradhawi yang ada di tangan Anda ini tak hanya membicarakan sisi personal ulama asal Mesir ini. Tetapi juga mengulas secara mendalam seni dan metode dalam berdakwah, memberikan panduan bagi para dai dan aktivis untuk bisa menyikapi realitas kekinian dalam takaran iman dan Islam.
Buku ini adalah rekam jejak Syaikh Al-Qaradhawi sebagai pribadi dan dai, sebagai aktivis dan murabbi, yang sangat penting dibaca bagi mereka yang ingin mengetahui bagaimana cara berdakwah yang elegan, serta bagaimana menghadapi realitaas kekinian dan tantangan dakwah ke depan.
Penulis buku ini tak hanya seorang akademisi yang meneliti kepribadian dan manhaj dakwah Syaikh Al-Qaradhawi, tetapi juga orang yang berada dalam lingkar terdekat Syaikh Al-Qaradhawi, sehingga buku ini begitu detil dan rinci, serta dikemas dengan bahasa yang mengalir dan mudah dipahami.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: