Rabu, 24 November 2010

Eksplorasi Kreativitas 2 Dasawarsa Anne Avantie

by: Alberthiene Endah
Anne Avantie adalah perempuan yang menginspirasi. Bahwa Anne Avantie piawai mengolah dan memodifikasi kebaya menjadi busana yang elegan, eksotis, dan glamor, rasanya sudah begitu banyak yang mengamini. Tak sedikit yang kemudian mengikuti jejaknya sebagai desainer kebaya. Dari satu sisi, hal ini menggembirakan karena kebaya sebagai warisan budaya yang adiluhung semakin terangkat pamornya, bahkan bisa menggerakkan roda industri fesyen. Tetapi modifikasi yang ada saat ini membuat tampilan kebaya menjadi sedemikian rupa hingga tak terlihat lagi akar budaya serta bentuk aslinya. Sebagai orang yang sangat mencintai kebaya, tentu hal ini membuat Anne Avantie prihatin. 

Selain itu, karya-karyanya yang fenomenal menggelitik rasa ingin tahu kita. Potongan garis leher, lengan, dan panjang kebaya berekor yang begitu berani; paduan warna tak lazim namun serasi; hingga padu padan kain dan aksesori yang sangat total adalah ciri khas karya Anne Avantie. Tak heran apabila begitu banyak pihak yang bertanya, "Bagaimana cara Anne Avantie menciptakan kebaya-kebayanya yang luar biasa itu?" 

Anne Avantie ingin mengurai keprihatinannya serta membagikan kiat-kiatnya dalam membuat kebaya cantik yang sangat khas dan terkenal dengan sebutan "kebaya Anne Avantie". Dengan sifat rendah hati dan dan keinginan untuk terus menjadi berkat bagi sesama, Anne Avantie tak segan-segan berbagi rahasianya dalam pencarian inspirasi, berkreasi dan memodifikasi bentuk asli, pencarian bahan dan warna, hingga penciptaan aksesori yang menyempurnakan. 

Melalui buku ini Anne Avantie akan mengajak pembaca untuk berani menuangkan ide, tanpa terbuai sketsa canggih atau pola-pola rumit, yang memang tak dikuasainya. Namun Anne Avantie mengajak pembaca untuk berani mencoba berpetualang "liar" dalam menuangkan ide-idenya. Anne Avantie tidak mengajak pembaca untuk mengekor dirinya dan menjadi peniru sejati karyanya, melainkan Anne Avantie ingin para pembaca bisa menciptakan kebaya sesuai talenta masing-masing, serta menjadi sosok yang justru layak ditiru!


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: