Rabu, 25 Maret 2009

[resensi buku] The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel)

Pikiran Rakyat

KALI ini, Belia bisa menebak isi buku ini berdasarkan judulnya. Rahasia-rahasia keabadian Mr. Nicholas Flamel dijabarkan dalam buku yang judulnya sama dengan buku legendaris milik Paulo Coelho. Tapi buku ini menawarkan lebih banyak keasyikan buat mereka yang doyan berimajinasi ketimbang bukunya Pak Coelho, hehe….

Cerita berawal dari dua orang saudara kembar, Sophie dan Josh Newman, yang menyaksikan keanehan yang dibungkus aroma sihir pada keluarga Flemming. Mereka melihat Small Book Shop milik Nick dan Perry Flemming diserang oleh kawanan Gollem --makhluk yang terbuat dari lempung. Bukan hanya itu, Ny. Perry pun diculik oleh kawanan makhluk aneh pimpinan John Dee. Usut punya usut, ternyata Nick Flemming, yang punya nama asli Nicholas Flamel ini, adalah seorang alkemis yang lahir pada tahun 1330, dan menciptakan berbagai ramuan yang tercetak pada Buku Abraham sang Magus.

Buku Abraham ini bak harta yang tak ternilai bagi Nicholas dan Perenelle Flamel. Dalam buku itu terdapat ramuan rahasia awet muda ciptaannya. Namun, buku tersebut dan Perenelle berhasil direbut oleh John Dee, musuh bebuyutannya. Si kembar yang kebetulan melihat peristiwa penculikan ini ikutan terlibat. Supaya enggak kaget dengan peristiwa aneh yang bakal mereka temui berikutnya, Mr. Flamel ini pun sengaja melatih mereka untuk bisa membantu menemukan Perenelle sekaligus merebut kembali Buku Abraham sang Magus.

Dibantu oleh Scathach, manusia dari masa lampau yang termasuk ke dalam golongan Sang Tetua, Sophie dan Josh malah menemukan kekuatan yang tak terduga dari diri mereka. Sophie secara tiba-tiba bisa memanggil angin untuk mengusir burung gagak milik Dewi Gagak, rekan John Dee. Petualangan seru pun dialami oleh si kembar. Berempat, mereka melewati serangan bertubi-tubi yang datang dari kawanan John Dee.

Berhasilkah mereka merebut kembali Buku Abraham dan menyelamatkan Perenelle? Baca sampai tuntas ya, karena Belia bakal dihujani beragam pengetahuan tentang legenda yang menyenangkan. Tips dari belia: dengan bantuan om google, coba ikutan search nama-nama aneh yang ada di buku ini. Kejutan menyenangkan siap menanti! ***

tisha_belia@yahoo.com

Penulis: Michael Scott
Penerjemah: Berliani M. Nugrahani
Tebal: 501 halaman
Penerbit: Matahati, 2008


www.dinamikaebooks.com

1 komentar:

van mengatakan...

bukunya qren abizz..
kaya disihir lho pas lg baca..
da gak sabar ngu buku ke 3 nya; "the sorceress"..