Senin, 02 Februari 2009

[artikel dinamika] Laskar Pelangi Unjuk Gigi di Asian Film Awards

Lampung Post, Kamis, 29 Januari 2009

FILM Laskar Pelangi dinominasikan menjadi Film Terbaik di Asian Film Awards 2009. Pada kategori tersebut, film garapan Riri Riza itu akan berhadapan dengan film garapan John Woo, Red Cliff.

Seperti keterangan pers yang diterima dari Milespublicist, Selasa (27-1), Selain Red Cliff, di kategori Film Terbaik, Laskar Pelangi akan bersaing dengan empat film lain dari wilayah Asia. Di antaranya, Forever Enthralled, The Good, The Bad, The Weird, Ponyo on the Cliff, dan Tokyo Sonata.

Laskar Pelangi juga berhasil mengantarkan Waluyo Ichwandiardono sebagai nomine Editor Terbaik di ajang penghargaan itu. Waluyo akan memperebutkan piala tersebut dengan Chan Ki-Hop, William Suk-Ping Chang, Darya Danilova dan Kim Sun-Min asal Korea Selatan.

Selain Asian Film Awards 2009, Laskar Pelangi juga akan unjuk gigi di Berlin International Film Festival yang berlangsung pada 5--15 Februari ini. Film yang diproduseri Mira Lesmana itu akan tampil di kategori Panorama.

Asian Film Awards merupakan ajang kompetisi yang berkesinambungan dengan Hong Kong International Film Festival (HKIFF). HKIFF akan berlangsung pada 22 Maret--13 April 2009. Dalam festival tersebut Laskar Pelangi juga ikut.

Film yang menggugah dan bercerita kehidupan dan perjuangan untuk mengenyam pendidikan ini diambil dari novel karya Andrea Hirata. Novel tersebut diangkat dari pengalaman masa kecil penulis ditambah dengan fiksi dan diramu sedemikian sehingga alur ceritanya mengalir dan mudah diikuti pembaca. DTC/L-1

www.dinamikaebooks.com

0 komentar: