Rabu, 16 Maret 2011

Perang Suci (edisi baru)

by: Karen Armstrong
Ketika Paus Urban II menyerukan Perang Salib di tahun 1095 untuk merebut kota suci
Yerusalem dari kaum muslim, mungkin sama sekali tidak terbayang betapa rangkaian peristiwa tragis itu akan menorehkan luka yang begitu perih dan pengaruh yang begitu luas. Kaum Kristen Eropa mula-mula memang kurang begitu mengenal kaum muslim. Tapi di akhir kisah, masing-masing pihak—Islam, Kristen, dan juga Yahudi yang kemudian ikut terlibat dalam konflik itu—mengembangkan perasaan benci dan anggapan bahwa kelompok lain adalah sosok jahat, iblis, musuh Tuhan, yang patut dilaknat dan dimusnahkan.

Antologi kebencian dan dendam ini terus mengendap, menggumpal, dan kemudian mewujud dalam berbagai konflik dan perang suci yang terus meletup hingga kini. Titik mula dan kelanjutannya memang bisa bermotif religius atau sekuler, tapi akhirnya semua motif itu bercampur-aduk dan memperteguh kekentalan konflik.

Dalam buku ini, Armstrong menelusuri detail kisah Perang Salib, akar pemicunya, baik dari segi sejarah maupun doktrin, dan juga pengaruh Perang Salib dalam perkembangan peradaban dunia. Pemaparannya yang begitu tangkas, cermat, mendalam, menyeluruh, dan menyentuh perasaan membuat buku ini tidak saja mampu mengupas tuntas kronologi-historis perang-perang suci secara objektif, tapi juga berhasil memberi semacam pendekatan subjektif dengan menyapa sisi kemanusiaan kita semua.

Buku ini adalah upaya untuk meredakan bara nafsu yang mengurung cara pandang umat beragama dalam teologi dendam dan kekerasan, menyambung kembali ruh epistemologis ajaran-ajaran agama yang rindu akan kesejukan dan kasih sayang, mengundang kembali nalar dan nurani yang telah dicampakkan di antara reruntuhan perang dan tumbuh peradaban.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: