Senin, 15 November 2010

Stalin's Children

by: Owen Matthews
Kisah keluarga yang mencekam. Buku menarik ini bukan catatan kaki mengenai sejarah Soviet: buku ini memang sejarah Soviet, salah satu dari jutaan dongeng pribadi yang mengisahkan kejahatan dan ketabahan mengagumkan sehingga menjadikan keseluruhan kisahnya luar biasa. Observer Pada pertengahan musim panas tahun 1937, Boris Bibikov mencium dua putrinya, mengucapkan selamat tinggal, lalu pergi. 

Salah satu gadis itu, Lyudmila, jatuh cinta pada pemuda Inggris bertubuh tinggi di Moscow ketika berlangsung Perang Dingin, lalu mereka memulai hubungan berbahaya dan penuh gairah. Berpuluh-puluh tahun kemudian, putra Lyudmila, Owen Matthews, reporter tahun sembilan puluhan di Moscow, menyatukan potongan cerita kakeknya lewat dunia mengerikan pada masa pembersihan era Stalin, dan menuturkan kisah cinta orangtuanya selama masa Perang Dingin lewat surat-surat dan kenangan mereka yang menyentuh hati. 

Stalin`s Children adalah memoar asli dan hidup mengenai perjuangan seorang pemuda memahami kehidupan orangtuanya dan sejarah negara aneh tempat mereka hidup. Ditulis dengan indah dan bergerak cepat. Daily Telegraph Cerita yang luar biasa. Ada banyak kejadian sedih yang hampir tak tertanggungkan. Independent. Hanya sedikit buku yang banyak menceritakan Rusia dulu dan sekarang, serta pengaruhnya pada mereka yang terlibat. Economist Hebat sekali! Luar biasa, sepertinya memasukkan inti Rusia yang mendahului penderitaan mengerikan dan kacau yang sangat banyak ia gambarkan di dalam buku ini.Simon Callow, Guardian


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: