Kamis, 25 November 2010

Serat Dewa Ruci, Misteri Air Kehidupam

by: Imam Musbikin
Bagi kebanyakan orang Jawa, Serat Dewa Ruci sering dianggap sebagai sumber pokok ajaran kejawen. Tepatkah anggapan tersebut? Ada apa sebenarnya di balik cerita wayang tokoh Arya Sena (nama lain Bima) yang mendapat tugas dari gurunya, Begawan Durna, untuk mencari "air kehidupan" (tirta merta) hingga akhirnya bertemu dengan Sang Batara Guru (Dewa Ruci) dan mendapat wejangan-wejangan agungnya? 
Buku yang sangat kaya data referensi ini mengajak pembaca untuk mengupas lebih jauh sebuah karya klasik yang pernah disadur pujangga Surakarta terkenal, Yosodipuro pada abad ke-19. Plus, membedah pertanyaan-pertanyaan sejauh manakah kedudukan Serat Dewa Ruci dalam khazanah tasawuf Jawa, apa isinya, bagaimana cara penyajiannya, bagaimana mendalami kedahsyatan ajaran-ajaran hikmahnya, hingga bagaimana pengaruh ajaran-ajaran mistisisme Islam. 
Bahkan, buku ini juga menampilkan teks asli Serat Dewa Ruci dalam dwi bahasa, bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Sehingga tampil sebagai buku yang mengupas-tuntas dengan menyeluruh segala misteri di balik Serat Dewa Ruci. 
Bacalah, sangat kaya data, menarik, segar, dan inspiratif bagi bekal hidup kita sehari-hari! 


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: