Selasa, 09 November 2010

Nutrisi Hati Penyuci Ruhani

by: \'Adhil Fathi \'Abdulloh
Suatu hal aksiomatis bahwa tidak hanya jasmani kita yang butuh makanan bergizi, tetapi ruhani kita pun perlu asupan nutrisi yang memadai untuk tetap menjaga staminanya dalam menghambakan diri dan beribadah kepada Dzat Yang Menguasai alam semesta, yakni Alloh subhanahu wata''ala; dalam segala aspek kehidupan, jasmani ataupun ruhani.
Namun pada kenyataannya, kebanyakan kita terseret oleh pola hidup materialistik yang mengenyampingkan sisi-sisi spiritual, hingga tanpa disadari seringkali kita terjebak dalam rutinitas yang melelahkan fisik maupun psikis. 
Masalah kelelahan ruhani bukan saja masalah kontemporer yang baru muncul pada zaman yang serba canggih ini, tapi merupakan permasalahan klasik di mana para ulama Islam telah menuliskan berbagai buku dan melontarkan kata-kata hikmah untuk menyikapi dan mengatasinya. Akan tetapi, bagaimanapun juga masalah ini akan selalu mengemuka, bahkan semakin bertambah intensitasnya seiring dengan bertambah maju dan sibuknya kehidupan. Dan, manusia pun akan selalu membutuhkan sarana-sarana penyegaran untuk mengobati kegersangan spiritualnya.
Untuk itulah buku ini hadir. Dengan pemaparan yang sistematis, bahasa yang lugas dan menarik, serta analisa yang komprehensif; pun karena penulisnya mampu meramu dalil-dalil Al-Quran, hadits-hadits Nabi, dan atsar-atsar ulama untuk diterapkan pada konteks terkini, buku ini tentu memiliki keunggulan tersendiri dan menghadirkan warna yang berbeda dibanding buku-buku se-tema yang selama ini ada.
Melalui buku ini, kita berharap bahwa upaya penyucian jiwa (Tazkiyatun Nafs) yang kita tempuh tidak lagi berpola taqlid atau bermodalkan semangat buta semata, tetapi berlandaskan pada ilmu yang nyata. Selamat menikmati ..!


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: