Jumat, 19 November 2010

EMAS ; Investasi dan Pengolahannya

by: Yimi Diantoro
Imam Ghazali (1058-1111 M) berpendapat uang yang adil adalah emas dan perak. Emas mendapat gelar Zero Inflation karena nilainya tetap dari masa ke masa. Di zaman Nabi 2.000 tahun lalu harga seekor kambing 1 dinar, sekarang masih 1 dinar. Sama bukan? Karena dinar adalah emas. Sejarah akan terulang, dunia tidak memiliki pilihan lain selain kembali ke hard currency berdasarkan emas.

Indonesia mempunyai potensi tambang emas terbesar di dunia. Sayangnya, rezeki ini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi kemakmuran rakyat karena teknologi modern yang mahal hanya dimiliki oleh korporasi besar.

Teknologi modern itu sebenarnya dapat diterapkan pada tambang rakyat dengan sedikit penyesuaian. Carbon in Leach (CIL) adalah teknologi modern yang murah karena menggunakan karbon aktif yang bahannya melimpah di Nusantara ini, yaitu tempurung kelapa.

Buku ini memaparkan tentang potensi, keuntungan, dan manfaat emas sebagai instrumen investasi dan metode pengolahannya dari alam dan limbah industri. Penulis yang mempunyai latar belakang Chemical Engineering dan Financial mencoba membedah emas dari sudut pandang sosial, perlindungan lingkungan, dan potensi ekonomi.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: