Senin, 15 November 2010

Anti Forensik

by: Eko Arryawan, smitDev Comdan
Bidang > Komputer; Forensik menjadi bidang yang semakin tenar akhir-akhir ini. Bidang ini mulai populer sejak kasus Bom Bali. Aneka kasus yang terjadi di masyarakat pun membuat pakar > Komputer; Forensik yang sebelumnya "tersembunyi" mulai mendapatkan publikasi, seperti pada kasus penayangan ATM Hacking. Meskipun bidang > Komputer; Forensik semakin populer, ada satu sisi yang relatif lebih jarang dilihat masyarakat, bahwa > Komputer; Forensik memiliki sisi penantangnya, yaitu bidang Anti > Komputer; Forensik atau disingkat Anti Forensik.
Jika bidang > Komputer; Forensik berfokus pada mencari data rahasia, menjebol password, dan sebagainya, maka bidang lawannya yaitu Anti Forensik berfokus mengatasi investigasi > Komputer; Forensik. Meskipun kedengarannya kontroversial, Anti Forensik adalah bidang TI yang legal, dan dalam banyak hal justru membantu meningkatkan keamanan data, menjaga privasi, dan sebagainya. 

Tindakan semacam Secure Delete, Enkripsi, Steganografi, dan sejenisnya adalah tindakan yang sah-sah saja dan justru membantu pengamanan data dan privasi Anda. Buku ini adalah buku pertama di Indonesia yang membahas dinamika pertempuran seru antara bidang > Komputer; Forensik dan Anti Forensik yang pernah terjadi. Ada wacana investigasi versus privasi. Buku ini juga membahas dinamika persaingan antara tool Forensik vs Anti Forensik semacam DECAF yang merupakan perlawanan terhadap Microsoft COFEE-tool forensik instan canggih buatan Microsoft-dan sebagainya. 

Berbagai tip Anti Forensik yang relatif mudah dilakukan siapa saja akan dibahas dalam buku ini, seperti secure delete, manipulasi signature file, manipulasi tanggal file, enkripsi, steganografi, anonimizer, dan sebagainya. Sebuah referensi yang tidak akan Anda temukan di buku-buku lain! Bonus CD Tools Anti Forensik: Berisi aneka software Enkripsi, Steganografi, Proxy, TOR, Secure Delete, dan banyak lagi.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: