Rabu, 24 Februari 2010

Mastering SPSS 18

by: Singgih Santoso
Sejak akhir tahun 2009, SPSS diakuisisi oleh IBM, dengan nama baru IBM SPSS, versi terbaru ini dinamakan PASW Statistics 18. Akuisisi IBM menunjukkan kepopuleran dan kemapanan SPSS sebagai program statistik papan atas dunia. Kemajuan teknologi informasi, khususnya pengembangan software seperti SPSS, memang telah menyebabkan pengolahan data statistik menjadi lebih cepat dan mudah, tanpa mengurangi ketepatan hasil outputnya.

Untuk memudahkan pemahaman, pada setiap topik disertai contoh kasus; mulai dari cara memasukkan data suatu kasus statistik ke dalam SPSS, bagaimana cara SPSS mengolahnya dengan prosedur statistik tertentu, dan kemudian cara menafsir hasil output SPSS. Agar dapat dipahami dengan sistematis, materi dibagi menjadi tiga bagian besar:

Bagian 1: menjelaskan persiapan data statistik sebelum diproses dengan SPSS. (Memasukkan, editing, dan transformasi data.)
Bagian 2: menjelaskan penggunaan SPSS untuk mengolah data dengan berbagai prosedur statistik. (Pembuatan berbagai grafik, desain tabel, penggunaan Crosstab dan uji Chi-Square, regresi sederhana dan berganda, berbagai metode pembuatan model regresi, statistik non-parametrik.)
Bagian 3: bagian ini bersifat pelengkap dua bagian di atas, yang menjelaskan tip dan trik praktis dalam menggunakan SPSS. (Otomatisasi program SPSS, pembuatan tabel statistik, transfer data dan ekspor output SPSS ke MS Word, Excel dan PowerPoint.)

Bonus CD terdapat dalam buku. Selain berisi file data dan output yang dibahas, juga memuat informasi situs-situs tentang statistik di dunia maya, kumpulan algoritma berbagai prosedur statistik, serta puluhan tip dan trik penggunaan SPSS (seperti restrukturisasi data, merger file, membuat tabel-tabel statistik, dan sebagainya).

Buku ini ditujukan kepada para pengguna statistik yang tidak ingin direpotkan dengan perhitungan manual statistik yang melelahkan, namun tetap ingin memperoleh output statistik yang akurat dan dapat dimengerti. Para Mahasiswa, Peneliti, Pengusaha dan Pengguna awam yang terlibat dalam pengolahan data statistik merupakan kalangan yang tepat untuk memiliki dan menggunakan buku ini. Berbekal penguasaan isi buku, pembaca dapat menyiapkan data statistik menjadi siap untuk diolah, memproses dengan metode statistik yang relevan, serta menginterpretasi output dengan benar.


Editor's Note
Buku ini merupakan hasil revisi dari buku SPSS versi sebelumnya (SPSS 17). Untuk mempercepat pemahaman materi, setiap topik bahasan disertai dengan contoh kasus yang singkat namun jelas; pembahasan dimulai dengan cara memasukkan data suatu kasus statistik ke dalam SPSS, kemudian dijelaskan bagaimana cara SPSS mengolahnya dengan prosedur statistik tertentu, serta menafsir hasil output SPSS.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: