Jumat, 27 Maret 2009

HAMAS: Ikon Perlawanan Islam terhadap Zionisme Israel

by: Bawono Kumoro
Mengungkap:
Sejarah dan latar belakang pendirian Hamas
Rahasia keberhasilan Hamas merebut hati rakyat Palestina
Sebab-sebab kemenangan Hamas dalam Pemilu Palestina
Konspirasi Israel dan Barat untuk menghancurkan Hamas
Pembunuhan tokoh-tokoh Hamas oleh Israel

Hamas adalah ikon utama perjuangan rakyat Palestina dan umat Islam melawan kezaliman Israel. Meski Israel membombardir Jalur Gaza dan membinasakan ribuan warga sipil Palestina, Hamas tidak pernah sedikit pun menunjukkan rasa gentar. Bahkan, dukungan Amerika Serikat terhadap agresi Israel di Jalur Gaza melalui forum Dewan Keamanan PBB tidak mampu meredam semangat Hamas untuk mengulang kejayaan Hizbullah ketika menghadapi agresi Israel di Lebanon pada pertengahan 2006.
 
Agresi militer Israel di Jalur Gaza telah meningkatkan popularitas Hamas di tingkat dunia internasional. Hamas kini tidak hanya milik kaum Muslim Palestina, tetapi seluruh kaum Muslim di seluruh penjuru dunia. Bahkan, Hamas mendapat tempat di hati setiap orang yang merindukan perdamaian sejati di Timur Tengah. Dunia kini menyadari bahwa tuduhan teroris yang dipropagandakan Amerika Serikat dan Israel hanyalah taktik usang untuk menafikan eksistensi Hamas dalam proses perdamaian Timur Tengah. Hamas telah menjelma menjadi ikon perlawanan.

Siapakah sesungguhnya Hamas? Apa keistimewaan gerakan ini jika dibandingkan dengan gerakan-gerakan perlawanan Palestina lainnya? Seberapa besar peranan Hamas dalam perjuangan kaum Muslim Palestina hingga Israel merasa perlu mengerahkan seluruh kekuatan militer untuk menghancurkannya?
 
Buku ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui sebuah kajian yang komprehensif tentang kiprah politik Hamas selama ini. Pembaca akan memeroleh pemahaman yang lebih mendalam dan rasional mengenai posisi Hamas dalam pusaran konflik Palestina-Israel.


www.dinamikaebooks.com

0 komentar: