Jumat, 27 Februari 2009

[artikel dinamika] Novel Slumdog Millionaire Laku Keras

TEMPO Interaktif, Rabu, 25 Februari 2009

Penjualan novel Q&A karya Vikas Swarup melonjak tajam setelah film adaptasinya, Slumdog Millionaire, memenangkan berbagai penghargaan, salah satunya adalah meraih 8 penghargaan Oscar. Novel dengan sampul yang sama dengan poster filmnya terjual 35 ribu kopi hanya dalam satu setengah bulan.

Padahal angka itu baru tercapai tiga tahun setelah novel itu diterbitkan pada 2005. Menurut catatan media pemerhati dunia penerbitan, the Bookseller, lonjakan itu mulai terjadi setelah Slumdog Millionaire meraih penghargaan empat penghargaan Golden Globe pada Januari lalu.

Novel yang mengisahkan kesuksesan pemuda 18 tahun, Jamal Malik, yang memenangkan satu juta Rupee dari sebuah acara kuis di televisi ini memang banyak dikritik. Penulis Salman Rushdie, misalnya, menilai alur ceritanya tak masuk akal seperti tokoh novel yang tiba-tiba berada di Taj Mahal padahal dalam cerita sebelumnya berada 1.000 mil dari tempat itu.

Meski kritik mengalir, Bookseller memprediksi penjualan novel Swarup akan semakin tinggi. Apalagi setelah Slumdog Millionaire merebut delapan Oscar di ajang Academy Award.

OKTAMANDJAYA WIGUNA – pelbagai sumber

www.dinamikaebooks.com

0 komentar: